Rabu, 08 Mei 2013

alat peraga dan media pembelajaran


ALAT PERAGA & MEDIA PEMBELAJARAN
Alat peraga adalah alat untuk memperagakan atau membantu pembelajaran sehingga lebih memperjelas fakta, konsep, prinsip atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata.

Membuat Alat Pelajaran/ Alat Peraga
di Bidang Pendidikan
Kriteria :
*    Berupa alat pelajaran/alat peraga/alat
bimbingan dalam proses belajar mengajar atau
bimbingan dan konseling.
*    Pelaksanaan proses belajar mengajar atau
bimbingan dan konseling menjadi lebih mudah
dan hasilnya lebih baik atau lebih efektif.
*    Alat pelajaran/alat peraga atau alat bimbingan
tersebut mempunyai ciri-ciri :
*    ada unsur modifikasi
*    belum ada atau belum ditemukan di daerah yang
bersangkutan
*    tidak menyalin


Alat Peraga yang sesuai criteria

*    Poster/gambar
Ø gambar sistem, benda atau mahluk;
Ø sudah dimodifikasi atau belum ada di daerah
guru bertugas;
Ø dilapis/laminated;
Ø dibingkai.
*    Kartu permainan
Ø sudah dimodifikasi atau belum ada di daerah
guru bertugas
Ø memiliki gambar atau tulisan yang belum ada
sebelumnya.
Ø digambar atau ditulis dengan rapih.
*    Model benda/barang atau alat tertentu
Ø menunjukkan model barang/benda yang tidak dapat
dibawa ke kelas
Ø dicat
Ø sudah dimodifikasi atau belum ada di daerah guru
bertugas;
*    Benda potongan (cutaway)
Ø menunjukkan bagian benda secara jelas;
Ø sudah dimodifikasi atau belum ada di daerah guru
bertugas;
Ø Dicat (diwarna)
*    Slide/Film
Ø berupa slide/film tentang proses kerja, tempat
bersejarah;
Ø sudah dimodifikasi atau belum ada di daerah guru
bertugas;
Ø kreasi baru/terdapat inovasi.
Alat Peraga yang sesuai kriteria

*    program animasi komputer
Ø program yang memperjelas/memperagakan pokok
bahasan/studiod Komputer
Ø menggunakan program yang ada (Flash, VisualBasic dan lainnya)
Ø dapat digunakan untuk 3-4 kali pertemuan
KRITERIA PENOLAKAN
ALAT PERAGA
*    Tidak dapat digunakan dalam proses pembelajaran
*    Tidak bermanfaat dalam meningkatkan mutu pembelajaran
*    Menyalin tanpa ada modifikasi
*    Sudah ada di daerah guru bertugas tanpa ada modifikas
*    Tidak dapat digunakan berkali-kali atau tidak dapat
digunakan dalam waktu yang relatif lama (tidak awet)
*    Membuat alat peraga bukan pada bidang mata pelajaran
yang diajarkan
*    Bersifat non permanen (tidak dapat digunakan secara berulang)
*    Tidak rapi (terkesan asal jadi)
*    Laporan tidak ada penjelasan cara membuat dan
menggunakan, tidak disertai foto pembuatan dan foto penggunaan
*    Tidak ada pengesahan dari kepala sekolah


MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
Oleh karena proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran
Dari pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
Menurut Edgar Dale, dalam dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan “audio-visual”.


Ada beberapa jenis media pembelajaran, diantaranya :
1.     Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
2.     Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
3.     Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
4.     Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
Pada hakikatnya bukan media pembelajaran itu sendiri yang  menentukan hasil  belajar. Ternyata keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan  ketiga faktor tersebut. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.
Ada beberapa tujuan menggunakan media pembelajaran, diantaranya yaitu :
1.     mempermudah proses belajar-mengajar
2.      meningkatkan efisiensi belajar-mengajar
3.     menjaga relevansi dengan tujuan belajar
4.     membantu konsentrasi mahasiswa
5.     Menurut Gagne : Komponen sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar
6.     Menurut Briggs : Wahana fisik yang mengandung materi instruksional
7.     Menurut Schramm : Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional
8.     Menurut Y. Miarso : Segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa
Tidak diragukan lagi bahwa semua media itu perlu dalam pembelajaran. Kalau sampai hari ini masih ada guru yang belum menggunakan media, itu hanya perlu satu hal yaitu perubahan sikap. Dalam memilih media pembelajaran, perlu disesuaikan dengan kebutuhan, situasi dan kondisi masing-masing. Dengan perkataan lain, media yang terbaik adalah media yang ada. Terserah kepada guru bagaimana ia dapat mengembangkannya secara tepat  dilihat dari isi, penjelasan pesan dan karakteristik siswa untuk menentukan media pembelajaran tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar