ALAT PERAGA & MEDIA
PEMBELAJARAN
Alat peraga adalah
alat untuk memperagakan atau membantu pembelajaran sehingga lebih memperjelas
fakta, konsep, prinsip atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata.
Membuat Alat Pelajaran/ Alat Peraga
di Bidang Pendidikan
Kriteria :
bimbingan
dalam proses belajar mengajar atau
bimbingan
dan konseling.
bimbingan
dan konseling menjadi lebih mudah
dan hasilnya
lebih baik atau lebih efektif.
tersebut
mempunyai ciri-ciri :
bersangkutan
Alat
Peraga yang sesuai criteria
Ø gambar sistem, benda
atau mahluk;
Ø sudah dimodifikasi
atau belum ada di daerah
guru bertugas;
Ø dilapis/laminated;
Ø dibingkai.
Ø sudah dimodifikasi
atau belum ada di daerah
guru bertugas
Ø memiliki gambar atau
tulisan yang belum ada
sebelumnya.
Ø digambar atau
ditulis dengan rapih.
Ø menunjukkan model
barang/benda yang tidak dapat
dibawa ke kelas
Ø dicat
Ø sudah dimodifikasi
atau belum ada di daerah guru
bertugas;
Ø menunjukkan bagian
benda secara jelas;
Ø sudah dimodifikasi
atau belum ada di daerah guru
bertugas;
Ø Dicat (diwarna)
Ø berupa slide/film
tentang proses kerja, tempat
bersejarah;
Ø sudah dimodifikasi
atau belum ada di daerah guru
bertugas;
Ø kreasi baru/terdapat
inovasi.
Alat Peraga yang
sesuai kriteria
Ø program yang
memperjelas/memperagakan pokok
bahasan/studiod
Komputer
Ø menggunakan program
yang ada (Flash, VisualBasic dan lainnya)
Ø dapat digunakan
untuk 3-4 kali pertemuan
KRITERIA PENOLAKAN
ALAT PERAGA
digunakan dalam
waktu yang relatif lama (tidak awet)
yang diajarkan
menggunakan, tidak disertai foto pembuatan dan foto penggunaan
MEDIA PEMBELAJARAN
Media
pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses
belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk
merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan
pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini
cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang
dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran
adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku,
film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education
Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media
pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak
maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
Oleh karena proses pembelajaran merupakan
proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media
pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu
komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi
dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa
berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral
dari sistem pembelajaran
Dari pendapat di atas disimpulkan bahwa media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan
pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga
dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
Menurut Edgar Dale, dalam dunia
pendidikan,
penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip Kerucut
Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat
oleh guru dan “audio-visual”.
Ada beberapa jenis media pembelajaran, diantaranya :
1. Media Visual : grafik,
diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
2. Media Audial :
radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
3. Projected still
media : slide;
over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
4. Projected motion
media :
film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
Pada hakikatnya bukan media
pembelajaran itu sendiri yang menentukan hasil belajar. Ternyata
keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk
meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan
pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam memilih dan
menggunakan media, perlu diperhatikan ketiga faktor tersebut. Apabila
ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran
tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.
Ada beberapa tujuan menggunakan media pembelajaran, diantaranya yaitu
:
1.
mempermudah proses belajar-mengajar
4.
membantu konsentrasi mahasiswa
5.
Menurut Gagne : Komponen sumber belajar yang
dapat merangsang siswa untuk belajar
6.
Menurut Briggs : Wahana fisik yang mengandung
materi instruksional
7.
Menurut Schramm : Teknologi pembawa informasi
atau pesan instruksional
8.
Menurut Y. Miarso : Segala sesuatu yang dapat
merangsang proses belajar siswa
Tidak diragukan lagi bahwa semua media
itu perlu dalam pembelajaran. Kalau sampai hari ini masih ada guru
yang belum menggunakan media, itu hanya perlu satu hal yaitu perubahan sikap.
Dalam memilih media pembelajaran, perlu disesuaikan dengan
kebutuhan, situasi dan kondisi masing-masing. Dengan perkataan lain, media yang
terbaik adalah media yang ada. Terserah kepada guru bagaimana ia dapat
mengembangkannya secara tepat dilihat dari isi, penjelasan pesan dan
karakteristik siswa untuk menentukan media
pembelajaran tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar